Sumur Gumuling
Travel

Sumur Gumuling Tamansari Yogyakarta

Berbicara wisata yang ada di Kota Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya. Dari mulai wisata alam, wisata sejarah, dan wisata religi pun bisa kamu temukan di kota yang mendapatkan gelar Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Berbicara soal wisata religi, di kota Yogyakarta terdapat wisata religi yang sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Jika kamu berkunjung ke daerah Pesanggrahan, Tamansari Yogyakarta, kamu wajib mengunjungi wisata ini. Apa nama wisata itu? Wisata religi ini bernama Sumur Gumilang Tamansari.

Apa yang terbit dalam benakmu saat mendengar kata ‘sumur’? pasti yang terbayang adalah tempat yang dalam dan gelap dan menampung banyak air di dalamnya. Tapi berbeda dengan wisata Sumur Gumuling Tamansari ini. Meskipun menggunakan kata sumur, nyatanya Sumur Gumuling Tamansari ini merupakan sebuah bangunan masjid. Unik sekali, bukan?

Sejarah Sumur Gumuling Tamansari

Masjid Sumur Gumuling Tamansari ini merupakan sebuah masjid unik dengan arsitektur yang tak umum dijumpai di belahan manapun Indonesia. Bangunan ini dulunya adalah sebuah masjid bawah tanah. Sumur Gumuling juga sempat menjadi masjidnya raja-raja Yogyakarta. Masjid Sumur Gumuling Tamansari ini dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I dan II. Masjid ini berada di kompleks Pesanggrahan Tamansari milik Keraton Yogyakarta. Kompleks ini dibangun atas perintah Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun Jawa Ehe 1684 atau 1758 Masehi.

Arsitektur Masjid Sumur Gumuling Tamansari

Tidak seperti bentuk masjid pada umumnya, Masjid Sumur Gumuling Tamansari ini sesuai namanya, mirip seperti sumur yang berbentuk bulat atau lingkaran dan juga dalam. Sumur Gumuling ini memiliki gaya arsitektur Jawa-Portugis dan menyerupai teater melingkar dengan telaga buatan di tengah serta rongga pada kubahnya. Sesuai dengan namanya, ‘gumuling’ dalam bahasa jawa berarti berputar dalam lingkaran. Bangunan luar sumur ini pun memiliki diameter kurang lebih 6 meter. Sementara lingkaran yang ada didalamnya yang menyerupai sumur memiliki diameter kurang lebih 4 meter. Jika dilihat dengan seksama, kamu akan menyadari bahwa bangunan ini mirip dengan sebuah cincin. Dibalik desainnya yang menarik, ternyata bangunan masjid ini mengandung filosofi yang sangat dalam, yakni hanya satu pintu masuk menuju Sumur Gumuling yang melambangkan bahwa manusia tercipta dari tanah dan akan kembali ke tanah.

Meskipun berada di bawah tanah, ruangan yang ada di Sumur Gumuling ini cukup terang karena banyak cahaya yang masuk berasal dari lingkaran dalam bangunan yang menyerupai sumur dan tidak memiliki atap. Bangunan masjid ini memiliki dua lantai. Lantai yang pertama memiliki satu ceruk dinding sebagai mihrab, tempat pengimaman, dan delapan pintu lengkung yang menyerupai ruang pengimaman yang terletak di sebelah barat. Lebar ruangan ini kurang lebih 1 meter, dan tingginya 1,65 meter, sedangkan panjangnya kurang lebih 3,5 meter. Pada lantai satu juga terdapat pintu ventilasi yang berjumlah delapan pintu dan berfungsi untuk menuju ke lantai dua. Ada lima tangga yang bisa digunakan menuju lantai dua. Menurut sebagian besar orang, kelima tangga ini melambangkan rukun Islam.

Sementara pada lantai dua, terdapat empat pintu ventilasi yang menghadap ke “sumur”. Lantai dua juga dilengkapi dengan tempat mengambil air wudhu dan toilet. Pada lantai dua terdapat jendela yang berjumlah 10 jendela dengan lebar kurang lebih 1 meter dan tinggi 1,5 meter. Jika kamu berada di dalam bangunan ini, kamu akan merasakan suasana yang tenang, nyaman, serta khusyuk.

Memasuki Sumur Gumuling

Jika akan memasuki Sumur Gumuling Tamansari, kamu harus melalui pintu sebelah timur yang terletak di atas. Lalu setelah kamu memasuki gerbang, turunilah anak tangga yang memiliki jumlah 13 anak tangga yang memiliki lebar 3 meter dan panjang 0,5 meter. Setelah berhasil melewati anak tangga, kamu akan menjumpai ruangan datar berukuran 3×3 meter. Lalu belok kiri menuruni 11 anak tangga dan kamu akan menjumpai pintu Masjid Sumur Gumuling yang berada di sebelah kanan.

Sumur Gumuling Tamansari juga dikelilingi sebuah kolam yang bernama Kolam Segaran. Kolam dengan ukuran sekitar 155×210 meter itu memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter. Meskipun bangunan Sumur Gumuling dikelilingi oleh air, bangunan masjid ini tidak runtuh karena memiliki tembok yang tebalnya 1,25 meter serta bangunan masjid ini dibangun tidak dengan menggunakan bahan semen.

Banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat keunikan bangunannya sekaligus melaksanan ibadah shalat. Para pengunjung terkagum-kagum melihat desain bangunan yang begitu unik juga mempesona. Keindahan masjid ini mereka abadikan lewat kamera dan tak sedikit yang mengunggah nya ke media sosial.

Harga Tiket Masuk Ke Sumur Gumuling Tamansari

Bagi yang ingin berkunjung dan berfoto-foto di Sumur Gumuling Tamansari, kamu tak perlu mengeluarkan biaya ekstra. Tiket masuk kawasan masjid bawah tanah ini sepaket dengan Istana Air Tamansari. Wisatawan lokal cukup membayar Rp. 5000,- sedangkan turis asing dikenakan tarif Rp. 10.000,-

Jam Operasional Sumur Gumuling Tamansari

Wisata religi ini dibuka pada pukul 09.00 WIB pagi, dan tutup pada pukul 17.00 WIB sore.

Ya, itulah tadi salah satu wisata religi di Kota Yogyakarta. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata-wisata lainnya di Yogyakarta yang juga tak kalah menariknya tapi tidak mau pusing mencari transportasi dan penginapan, kamu bisa mencoba paket tour wisata Jogja yang bisa kamu akses dengan mudah di website Kartanesia tour.

Disana tersedia berbagai macam paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget liburan kamu. Banyak orang berpikir jika berlibur menggunakan paket wisata akan menambah biaya. Padahal kenyataannya dengan kamu menggunakan paket wisata, kamu bisa lebih menghemat biaya liburanmu karena biaya transportasi bisa dibagi dengan 40-50 orang dalam sekali berangkat. Jadi lebih murah, kan?

Dengan paket wisata jogja 2 hari 1 malam dari Kartanesia tour ini, waktumu juga akan lebih efektif sehingga kamu tidak akan kehabisan waktu untuk mengunjungi objek wisata lainnya dan membuat liburanmu terasa maksimal. Kamu juga sudah di fasilitasi dengan penginapan untuk bermalam dan beristirahat. Berikut beberapa paket yang bisa kamu nikmati.

  • One Day Pack: Rp. 173.000,-
  • 2 Day 1 Night Pack: Rp. 830.000,-
  • 3 Day 2 Night Pack: Rp. 1.390.000,-
  • 4 Day 3 Night Pack: Rp. 2.000.000,-
  • 5 Day 4 Night Pack: Rp. 2.500.000,-
  • Honeymoon Pack: Rp. 3.500.000,-

Selain menyediakan paket wisata, Kartanesia tour juga menyediakan jasa rental mobil di jogja dengan berbagai jenis tipe mobil dari mulai mobil Innova Reborn, sampai Toyota Alphard tersedia disana. Berikut daftar mobil yang bisa kamu sewa.

  • Toyota Alphard: Rp. 2000.000,-
  • Innova Reborn: Rp. 575.000,-
  • Grand New Avanza: Rp. 275.000,-
  • Fortuner VRZ: Rp. 1.500.000,-
  • Toyota Camry: Rp. 1.750.000,-
  • Honda Jazz: Rp. 375.000,-

Title : Sumur Gumuling Tamansari Yogyakarta

You might also like