Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis
Bisnis

Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Meningkatkan brand awareness suatu produk atau layanan memang penting dilakukan oleh setiap pengusaha. Apalagi jika pesaing bisnis yang harus dikalahkan ada banyak, menjadikan kegiatan ini sebagai kewajiban pebisnis. Mengapa brand awareness perlu dibangun dan ditingkatkan? Tentunya demi meningkatkan kepercayaan pelanggan dan brand equity hingga menjaring konsumen baru.

Rasa familiar pelanggan terhadap brand yang menyediakan jasa atau produk penting untuk ditingkatkan. Kegiatan brand awareness sebenarnya bentuk dari investasi jangka panjang terhadap brand yang dibangun, untuk itu kegiatan ini dikatakan sangat penting. Sudahkah Anda mempelajari cara membangun brand awareness? Jika belum mari kita belajar bersama dari informasi di bawah.

1. Partnering atau Bekerjasama

Cara pertama meningkatkan brand awareness paling mudah adalah melakukan partnering atau bekerja sama dengan brand lain. Dengan demikian, calon pelanggan yang berbeda segmen pasarnya akan diperkenalkan dengan bisnis yang Anda miliki. Singkatnya, antara brand yang bekerjasama dengan brand lain akan saling bertukar pelanggan.

Lihat juga hobi yang bisa dijadikan bisnis

Inilah strategi promosi terbaik untuk meminimalisir rasa jenuh para pelanggan yaitu dengan partnering. Cara ini akan semakin efektif dilakukan jika produk bisnis telah memiliki karakter tersendiri. Maka dari itu, agar brand awareness meningkat, Anda bisa mengajak brand lain bekerjasama.

2. Strategi Model Freemium

Dalam meningkatkan brand awareness suatu layanan atau produk, Anda dapat menggunakan model promosi Freemium. Istilah ini sendiri berasal dari kata free dan premium yang digabungkan menjadi nama baru. Adapun strategi yang dipakai dalam mempromosikan brand adalah memberi layanan free kepada penggunanya.

Bila pengguna ingin menggunakan fitur tambahan, maka perlu mengupgradenya dengan membayar sejumlah biaya. Beberapa perusahaan pengembang perangkat lunak ternama seperti Spotify, Hootsuite, Evernote, OneDrive, Github dan Trello telah menggunakannya.

3. Memiliki Infografik Brand

Cara lain yang bisa digunakan pebisnis selanjutnya supaya brand awareness semakin meningkat adalah dengan memiliki infografik. Infografik dapat dijadikan sebagai pembelajaran visual yang dapat memperkenalkan brand Anda kepada masyarakat luas. Sudah bukan rahasia umum bila dibandingkan dengan teks, visual lebih disukai warganet.

Inilah cara terbaik dalam meningkatkan brand awareness lewat sosmed yang bisa diupayakan setiap pengusaha. Buatlah tampilan visual infografik yang menarik dan berkesan di hati para pengguna internet.

4. Referral Programs

Bisa dibilang strategi meningkatkan brand awareness ini sama halnya dengan strategi mouth to mouth (mulut ke mulut). Jadi, para pelaku usaha melakukan promosi produk layanan miliknya kepada para kerabat, saudara, teman, dan relasi. Cara ini hampir mirip dengan cara promosi konvensional yang sudah dikenal sejak zaman dulu.

Namun, terdapat sedikit perbedaan antara promosi konvensional dengan strategi referral programs. Yaitu pada insentif yang dilibatkan pada strategi referral programs sedangkan pada promosi konvensional tidak ada. Dengan kata lain, pembeli produk atau jasa yang mengajak orang lain menggunakan brand suatu brand akan diberikan komisi.

5. Free Content

Mesin pencari telah menjadi hal pertama yang digunakan pembeli dalam menemukan barang yang diinginkannya. Mungkin calon pelanggan Anda adalah beberapa orang yang memiliki kebiasaan tersebut. Jangan abaikan fakta ini, Anda dapat memanfaatkannya sebagai strategi marketing yang menggabungkan konten kedalamnya.

Tingkatan brand awareness melalui konten yang Anda unggah setiap bulan di blog-blog penunjang bisnis. Konten-konten tersebut akan membantu mengangkat brand awareness menjadi lebih tinggi.

6. Review dari Pelanggan

Ternyata faktor penting yang menunjang perkembangan brand awareness adalah review dari pelanggan. Para pelanggan yang senang belanja online akan lebih mempercayai suatu brand yang sudah direview banyak pelanggan. Betapa pentingnya review online bagi perkembangan bisnis yang dijalankan.

Kesimpulan, para pengusaha dapat memperkuat brand awareness dengan cara ampuh seperti meminta review setelah pelanggan membeli produk layanan. Mendapatkan review baik dari pembeli cukup mudah, produk atau jasa yang dijual harus berkualitas dan terpercaya sehingga pembeli  tidak merasa rugi.

7. Podcast

Belum lama ini fenomena podcast telah meledak di Indonesia. Hal ini ditampakkan dengan munculnya berbagai aplikasi streaming populer yang memiliki saluran podcast seperti Spotify dan Youtube. Jika ditelusuri lebih detail, fenomena ini berpotensi besar dapat membantu brand awareness meningkat.

Peminat saluran podcast cukup tinggi di Indonesia jika dibandingkan konten lainnya. Gunakan cara ini agar calon pelanggan bisa lebih dekat dengan brand bisnis Anda. Buatlah pembahasan menarik yang banyak diminati pengguna dalam podcast yang dimiliki.

8. Influencer Marketing

Strategi promosi terpopuler sejak meledaknya sosial media Instagram adalah influencer marketing. Di sosial media ini, ada sebutan menarik untuk orang-orang yang memiliki follower banyak yaitu influencer. Para tokoh ini bisa dimanfaatkan sebagai senjata marketing terampuh di dunia online.

Inilah cara terbaik meningkatkan brand awareness suatu layanan atau produk yang dimiliki. Popularitas para influencer tentu dapat membuat jangkauan pasar brand Anda menjadi lebih luas. Sehingga tidak diperlukan waktu lama untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan.

9. Kontes di Sosial Media

Dalam beberapa periode tertentu, buatlah sayembara atau kontes di sosial media guna memperkuat brand awareness bisnis Anda. Cara ini cukup efektif membuat masyarakat luas lebih cepat mengenal brand yang dimiliki. Strategi ini sebenarnya hampir mirip dengan influencer marketing guna meningkatkan engagement, reach dan mention di sosial media.

Lihat juga cara memasarkan produk

Tidak perlu waktu lama bagi sebuah bisnis memperkuat brand awarenessnya, karena peminat kontes di sosial media cukup tinggi. Sebagai pemilik bisnis, buatlah kontes yang menawarkan benefit kepada pembeli seperti voucher belanja, promo murah dan sebagainya.

10. Menjadi Sponsor

Cara umum yang biasa digunakan para pebisnis sebagai salah satu strategi marketing adalah sponsorship. Inilah cara promosi yang dianggap paling cepat membantu meningkatkan popularitas brand yang dimiliki. Strategi ini cukup mudah dijalankan, pemilik usaha cukup memberikan sejumlah uang sponsor kepada yang mengajukan penawaran.

Itu tadi beberapa cara membangun dan meningkatkan brand awareness suatu bisnis. Semoga pembahasan ini dapat menjadi ilmu bermanfaat bagi para pelaku usaha yang sedang memperkuat brand awarenessnya. Selamat mencoba dan jangan lupa konsisten dalam mengerjakannya.

Title : Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

You might also like