10 Cara Memasarkan Produk Baru Dikenal ke Masyarakat
Bisnis

Cara Memasarkan Produk Baru

Melakukan pemasaran produk baru ke masyarakat sangat penting untuk dilakukan, supaya produk atau barang yang Anda miliki lebih cepat dikenal. Cara memasarkan produk ke masyarakat itu mempunyai berbagai cara dan strategi jitu untuk dapat diketahui secara cepat oleh masyarakat baik itu melalui media sosial dan platform lainnya.

Era sekarang prosesnya itu semuanya dilakukan secara digital dan metode atau cara memasarkan produk secara online menjadi pilihan yang paling tepat. Anda dapat melakukan hal ini untuk kemajuan bisnis dan usaha yang sedang dijalankan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda pahami, untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

1. Mengenal Pasar dan Target

Dalam berbisnis itu penting untuk mengenal pasar secara lengkap dan menentukan target yang tepat, karena kegiatan ini akan mempengaruhi cara memasarkan produk. Kalau Anda tidak melakukannya dengan benar, maka Anda akan mempengaruhi jalannya bisnis untuk berkembang dengan pesat.

Lihat juga Contoh Usaha Rumahan

Pastikan Anda mengetahui pasar dan target ini secara jelas dan lengkap, karena jika ini belum banyak pesaing Anda dapat melakukan promosi secara luas. Namun apabila Anda melakukannya dengan banyak produk pesaing, penting untuk melihat celah dan memahaminya agar dapat unggul dan produk yang dijual dapat laku keras dipasaran.

2. Jual Produk Berkualitas

Jika Anda menjual produk yang murahan dan tidak berkualitas malah berakhir hilangnya konsumen yang terlibat dan bahkan membuat usaha Anda tidak ada pembelinya. Jika Anda memasarkan produk baru penting untuk melihat kualitasnya, karena hal ini sebagai langkah yang baik untuk kemajuan bisnis kedepannya.

3. Buat Kemasan Menarik

Kemasan dalam berbisnis itu akan mempengaruhi konsumen untuk membelinya, sehingga tidak heran ada berbagai aneka macam jenis kemasan yang ada dipasaran. Sebagai pelaku usaha Anda harus memahami dan melakukan hal ini dengan jelas. Apalagi ini produk baru, sehingga Anda harus memberikan yang terbaik dan menarik.

Tidak ada salahnya untuk melihat berbagai kemasan kompetitor atau mencari di internet untuk melihat berbagai kemasan yang menarik. Anda dapat memanfaatkan digital untuk kemajuan bisnis dan mempengaruhi pembeli untuk melirik produk yang dijual. Sekarang Anda tinggal menggunakan konsep amati, tiru, modifikasi (ATM).

4. Perhatikan Lokasi atau Tempat Pemasaran

Mungkin untuk hal ini dapat dilakukan dan mengoptimalkan digital sebagai wadah atau tempat untuk proses pemasaran. Tetapi tetap kembali lagi untuk target pasar yang ditentukan, karena akan mempengaruhi dalam proses promosinya. Jika Anda menggunakan media sosial secara penuh untuk pemasaran, Anda harus paham mengenai targetnya.

Karena cara memasarkan produk di media sosial harus mengenal beberapa karakter atau rata-rata pengguna medsos tersebut. Kalau Anda menjual produk khusus anak muda, maka media sosial yang tepat adalah Instagram. Sehingga Anda harus menentukannya dan jangan sembarangan dalam memilihnya.

5. Lakukan Promo

Melakukan kegiatan promosi menjadi salah satu trik atau strategi yang paling tepat untuk digunakan, karena metode kuno ini selalu berdampak manis. Anda dapat memilih dan melakukan berbagai promosi yang menarik dengan berbagai cara memasarkan produk di IG dan berbagai platform lainnya. Sehingga dapat menjangkau hasil yang diinginkan.

6. Rangkul Pelanggan

Sekarang sudah banyak beberapa pelaku bisnis melibatkan konsumen sebagai bagian dalam memasarkan produk dengan berbagai tawaran yang didapatkan. Apabila konsumen menyanggupinya Anda dapat melakukannya dengan maksimal dan berikan ketentuan secara terbuka jika strategi yang dilakukan berhasil baik dari bagi hasil dan metode lainnya.

Apabila Anda yakin dan mampu untuk mengelolanya, sistem seperti ini hampir mirip pada multi level marketing (MLM) yang memberikan komisi apabila berhasil memasarkannya. Tetapi cara ini terkadang penuh resiko dan Anda harus benar-benar memahaminya, ketika Anda salah jalan atau strategi bisa-bisa dipidanakan.

7. Memanfaatkan Media Online

Kemajuan zaman membuat internet mulai banyak dinikmati oleh masyarakat dan tidak hanya terfokus pada aktivitas di perkotaan saja. Wilayah pedesaan sekarang sudah mampu dan menikmati akses internet. Sehingga Anda dapat mendapatkan peluang ini dengan lebih besar dan luas lagi untuk kemajuan bisnis.

Anda dapat memasarkan produk di FB atau beberapa media sosial lainnya yang dapat mudah diakses dan banyak digunakan oleh masyarakat. Karena tentunya akan mempengaruhi jangkauan yang ada dan penerimaan yang didapatkan oleh audiens atau masyarakat.

8. Menjadi Sponsor

Mungkin cara memasarkan produk dengan aktif untuk melakukan sponsor rasanya belum tepat dan belum memungkinkan. Adanya pandemi Covid 19 membuat banyak event atau kegiatan yang melibatkan banyak orang harus tertunda. Tetapi untuk menyiasatinya, Anda dapat mendukung atau memberikan sponsor pada kegiatan online.

Lihat juga Peluang Usaha di Desa

Tidak ada salahnya memberikan sponsor untuk beberapa kegiatan yang ada di masyarakat, selain produk Anda dikenal secara lebih luas. Anda juga dapat memperhatikan brand awareness yang meningkat dengan mendukung acara atau kegiatan tersebut. Tetapi pastikan dana untuk promosi selalu siap sedia.

9. Memberikan Penawaran Menarik

Maksud poin ini adalah Anda dapat menawarkan aktivitas yang menarik jika konsumen yang berbelanja mau merekomendasikan produk yang dimiliki atau dijual tersebut. Dengan berbagai hadiah, voucher atau potongan harga khusus supaya dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pasar dengan baik.

Pada proses ini promosi mulut ke mulut tersebut membuat brand atau produk yang Anda jual lebih dipercaya, karena dilakukan oleh orang yang dekat dan kenal. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dan pastinya memberikan timbal balik yang sesuai.

10. Melakukan CSR

Mungkin belum banyak dari masyarakat atau pelaku bisnis cara memasarkan produk dengan menggunakan konsep corporate social responsibility (CSR). Karena program atau kegiatan ini hanya sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja dan untuk pelaku kecil jarang melakukan hal ini, karena terkadang butuh modal yang besar.

Tetapi Anda tetap bisa membuatnya dalam skala kecil dengan memberikan bantuan dalam nominal tertentu. Terpenting kembali lagi ke cara Anda dalam mengemas dan memasarkannya, kalau dapat disampaikan dengan baik, ini dapat menjadi strategi yang baik dan tepat.

Sampai disini pembahasan mengenai memasarkan produk baru ke masyarakat agar dapat dikenal dan dibeli oleh konsumen. Semoga beberapa tips atau cara diatas dapat Anda contoh untuk kemajuan bisnis yang sedang Anda kelola.

Title : Cara Memasarkan Produk Baru

You might also like