Peluang Usaha di Desa
Bisnis

Peluang Usaha di Desa

Untuk Anda yang tinggal di desa mungkin mencari peluang usaha di desa yang dapat dijadikan pemasukan tambahan yang menjanjikan. Karena sebenarnya hidup di desa itu memiliki kesempatan yang sama dengan kehidupan di perkotaan. Terpenting Anda mengetahui kesempatan yang dapat diambil untuk bisa bertahan dan memajukan desa.

Meskipun identik dengan pertanian, desa selalu menjadi tempat untuk berpulang ketika kehidupan kota telah membosankan. Sehingga setelah itu, Anda memilih peluang usaha atau bisnis untuk menunjang berbagai kehidupan nantinya. Nah, apa saja peluang usaha di desa ini?Berikut penjelasan secara lengkapnya.

10 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

1. Pertanian Berbasis Organik

Kehidupan sekarang ini lebih condong kepada produk yang tidak menggunakan pestisida, karena masyarakat telah mengetahui manfaat dari produk organik. Sehingga peluang untuk membuat pertanian berbasis organik dapat Anda pilih. Dengan begitu, Anda dapat mengambil kesempatan ini.

Memiliki lahan yang luas dan berbagai pertanian dapat Anda aplikasi di desa, untuk itu Anda dapat mengelolanya dan memproduksi dalam skala besar. Lalu, Anda dapat menjadi pemasok untuk kebutuhan di kota yang menguntungkan. Karena penduduk perkotaan saat ini lebih memilih produk pertanian organik yang menyehatkan.

2. Ternak Ayam Potong

Beberapa kebutuhan di perkotaan itu dipasok dari desa, salah satunya adalah ayam potong. Apabila Anda mempunyai lahan yang cukup luas dan memahami prosesnya, maka ini menjadi peluang usaha di desa yang menjanjikan. Sebab ketergantungan kota sangat tinggi dan ayam potong selalu menjadi kebutuhan utama di pusat perkotaan.

Terlebih lagi jika Anda sudah menemukan tempat untuk menjualnya, maka kegiatan ini sangat menguntungkan dan menjanjikan. Untuk itu, hidup di desa dengan berbagai unit usaha, pastinya Anda akan tetap bisa bertahan. Bahkan penghasilan Anda melebihi pekerja yang ada di kota-kota besar, jadi jangan sedih berjuang di desa.

3. Ternak Lele

Peluang usaha di desa berikutnya adalah ternak lele, selain ayam potong bidang bisnis ini juga sangat menjanjikan untuk dicoba. Karena pasarnya tidak terbatas dan hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai berbagai olahan dari ikan lele. Pastikan Anda memahami caranya, karena ternak lele juga sangat beresiko apabila tidak memahaminya.

Di desa sekarang ini juga sudah didukung oleh internet yang kencang, sehingga Anda dapat memanfaatkan ini sebagai promosi. Karena Internet dan digital menjadi kebutuhan dan Anda dapat memanfaatkannya untuk perluas pasar dan jaringan. Berbagai platform yang ada, tidak ada salahnya untuk dicoba dan dapatkan keuntungannya.

4. Bisnis Mebel

Perabotan rumah dari kayu alami akan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk Anda di desa. Terutama wilayah tempat Anda berada mempunyai berbagai jenis pohon besar. Dengan begitu, usaha mebel dapat dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan untuk Anda lakukan.

Buatlah bentuk yang tidak mainstream atau bentuk mebel yang sedang trend sekarang ini, karena dengan berbagai jenis dan modal menarik. Karena dengan begitu, Anda dapat menjualnya dan mempunyai nilai jual yang menguntungkan. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba dan mendapatkan peruntungannya.

5. Salon Kecantikan

Tidak banyak ditemui di perkotaan dan cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha di desa yang sedang berkembang. Sebab kecantikan tidak hanya milik orang-orang yang ada di perkotaan, tetapi masyarakat di desa pun mempunyai hak untuk cantik. Untuk itu, salon kecantikan dapat dijadikan sebagai bisnis menjanjikan.

Anda dapat mencoba dengan memberikan pelayanan dan kebutuhan yang hampir sama layaknya di perkotaan. Namun terpenting Anda memberlakukan harga yang terjangkau dan tidak tidak terlalu mahal. Karena ekonomi di pedesaan tidak begitu tinggi, hal ini seharusnya sudah masuk perhitungan dalam membangun bisnis di desa.

6. Supplier Kopi

Apabila wilayah pedesaan Anda berbukit dan dingin, membuka perkebunan kopi dan dijadikan peluang usaha di desa yang menjanjikan. Karena sekarang ini kopi telah menjadi kebutuhan utama yang harus ada di dalam masyarakat. Hal ini didukung dari banyaknya coffee shop di perkotaan dan budaya ngopi yang semakin menjamur.

Klik lihat: Contoh usaha rumahan

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat melakukannya dengan menjadi supplier kopi untuk cafe-cafe yang ada di perkotaan. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan roda ekonomi di desa dan cafe di perkotaan mempunyai stok yang berlimpah. Tidak ada salahnya untuk mencoba kesempatan ini dan dapatkan keuntungannya.

7. Jamur

Biasanya kehidupan di pedesaan itu suasananya masih asri dan belum terlalu banyak pencemaran polusi udara. Budidaya jamur dapat dijadikan alternatif untuk Anda sedang ingin berusaha. Karena ada banyak jenis jamur dan nikmat untuk dikonsumsi, sehingga hal ini dapat untuk Anda lirik dan jadikan lini bisnis yang menjanjikan.

Jamur itu sangat banyak di jual di kota-kota besar, bahkan sekelas restoran menjual berbagai jenis jamur. Anda dapat memulai budidaya jamur kuping, kancing, merang, shitake,dan jamur tiram. Berbagai jenis jamur yang disebutkan itu mempunyai nilai jual dan market yang besar untuk Anda penuhi, seharusnya budidaya jamur dapat Anda lakukan.

8. Produk Olahan

Jenis makanan ringan yang ada diperkotaan biasanya hadir berkat adanya usaha kecil menengah (UKM) yang digagas oleh penduduk desa. Kegiatan ini juga dapat tiru dan jual berbagai olahan makanan dan peluang usaha di desa yang menjanjikan. Terlebih lagi apabila di desa Anda mempunyai bahan baku yang berlimpah, kesempatan ini dapat dimanfaatkan.

Biasanya produk olahan itu ada dari ubi, pisang, singkong, dan sebagainya, sehingga bahan baku ini dapat dijadikan sebagai produk olahan makanan. Anda dapat menjualnya dalam bentuk makanan ringan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan menjualnya dalam bentuk baku, karena terdapat perbedaan harga yang besar.

9. Toko Sembako

Jika Anda tertarik untuk menjual kebutuhan sehari-hari membuka toko sembako dapat dijadikan pilihan yang menarik. Karena selain tidak membutuhkan modal yang terlalu tinggi, toko sembako dapat dimulai dari proses yang kecil dan sederhana terlebih dahulu. Pada dasarnya ini menjanjikan dan mudah untuk berkembang.

Terpenting Anda menjual dengan harga yang terjangkau, memiliki manajemen yang baik, dan tidak memberlakukan sistem hutang. Dengan begitu, bisnis dari toko kelontong perlahan dapat maju dan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Jual lah beberapa kebutuhan mendasar dan tidak harus ke kota untuk menemukannya.

10. Pertamini

Peluang usaha di desa yang terakhir adalah membuka pertamini atau tempat pengisian bahan bakar motor atau mobil dalam skala kecil. Karena wilayah pedesaan itu jauh dari pom bensin yang besar, sehingga ini dapat menjadi bisnis untuk Anda kelola di desa. Apalagi tingkat mobilitas wilayah tinggi, tentu ini sangat menguntungkan.

Anda bisa membuka berbagai jenis pilihan bahan bakar, baik itu khusus premium, pertalite, dan pertamax. Sebab jika Anda memiliki pilihan yang beragam pelanggan Anda akan kembali dan mengisis BBM nya di tempat usaha Anda. Selain itu juga, hal ini untuk memenuhi kebutuhan untuk unit usaha lainnya di desa, kalau lengkap dan harga kompetitif pasti banyak pelanggan.

Itu tadi beberapa rekomendasi bisnis yang bisa dijalankan di desa, semoga beberapa informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua.

Title : Peluang Usaha di Desa

You might also like