Travel

Tempat Wisata di Banda Aceh

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memang menyimpan banyak sekali permata wisata yang memang sudah sangat terkenal. Berbagai jenis wisata seperti wisata alam, edukasi, budaya dan masih banyak lagi, tentu membuat tempat-tempat wisata tersebut wajib untuk Anda kunjungi. Salah satu daerah yang ternyata mempunyai lokasi wisata yang jarang diketahui adalah Banda Aceh.

Ibukota dari Provinsi D.I Aceh ini menyimpan wisata yang perlu sekali untuk Anda lihat. Di mana ada 10 tempat wisata di Banda Aceh yang terkenal akan cerita dan juga keunikan sendiri. Berikut ini adalah tempat wisata yang ada di Banda Aceh:

10 Tempat Wisata di Banda Aceh

Museum Tsunami

Jika mendengar Banda Aceh, sudah pasti akan teringat bencana tsunami pada tahun 2004 yang menelan korban sangat banyak. Untuk memperingati kejadian tersebut dan juga korban, maka dibangunlah Museum Tsunami. Di museum ini, Anda akan melihat banyak sekali dokumentasi dan cerita dari para korban selamat.

Lihat juga Candi Kalasan Jogja

Tidak hanya itu saja, nama-nama korban yang meninggal pun juga disusun secara rapi di dalam kubah. Uniknya dari gedung museum ini jika dilihat dari depan maka bentuknya seperti kapal, tapi jika dilihat dari atas maka bentuknya menyerupai ombak. Museum ini juga menjadi titik evakuasi tsunami untuk di masa depan.

Taman Sari Gunongan

Wisata hits di Banda Aceh yang satu ini memang tidak boleh Anda lewatkan, di mana bangunan yang satu ini sendiri merupakan sebuah hadiah dari Sultan Iskandar Muda kepada Sang Permaisuri, Putri Kamaliah dari Malaysia. Bangunan ini sendiri terbilang sangatlah indah dan merupakan tanda cinta dari Raja kepada istrinya yang tercinta.

Tujuan di bangunnya Taman Sari Gunongan ini pada awalnya adalah sebagai tempat menyepi Puteri Kamariah ketika sedang rindu akan kampung halamannya Negeri Pahang. Memang bangunan ini sendiri mirip sekali dengan bukit yang ada di tempat kelahiran sang ratu. Sekarang sendiri, Taman Sari Gunongan dibuka untuk umum dan menjadi destinasi wisata yang sangat indah.

Museum Aceh

10 tempat wisata di Banda Aceh yang selanjutnya adalah Museum Aceh yang sering juga disebut dengan Rumah Aceh. Di mana memang museum yang satu ini sendiri memiliki bentuk bangunan seperti rumah tradisional Aceh. Didirikan pada tahun 1915 oleh Hindia Belanda, Museum Aceh menyimpan banyak sekali filosofi tentang Islam.

Satu barang bersejarah yang disimpan oleh Museum Aceh ini adalah sebuah lonceng yang diperikirakan memiliki umur sekitar 1.400 tahun. Di mana lonceng yang diberi nama Cakra Donya ini merupakan hadiah dari Rasa Dinasti Ming kepada Aceh yang kala itu dibawa oleh Laksaman Cheng Ho.

Taman Ratu Safiatuddin

Jika Anda mencari tempat wisata di Banda Aceh 2020 gratis, mungkin Taman Ratu Safiatuddin adalah pilihan yang tepat. Di taman yang satu ini sendiri Anda dapat berfoto di depan bangunan tradisional khas Aceh yang tentu saja sangat cantik. Tidak hanya itu saja, taman ini juga sering digunakan untuk pertunjukan seni yang tentu saja gratis.

Kapal Apung Lampulo

Mungkin daftar tempat wisata di Banda Aceh yang satu ini memiliki nilai sejarah dan juga sebagai pengingat dahsyatnya tsunami pada tahun 2004. Kapal apung seberat 65 ton ini tersapu ombak besar hingga tersangkut di salah satu rumah warga. Di mana kapal ini sendiri pada saat terjadi tsunami telah menyelamatkan 59 orang.

Pantai Ulee Lheue

Jika Anda mencari wisata alam di Banda Aceh, mungkin Pantai Ulee Lheue menjadi salah satu lokasi yang sangat tepat. Walaupun menjadi salah satu pantai yang terkena dampak paling parah pada saat tsunami melanda Aceh, tapi pantai ini sendiri masih menjadi primadona untuk lokasi wisata alam.

Pantai yang satu ini memiliki pasir yang berwarna agak kecoklatan, di mana sebelum tsunami pasir di pantai ini berwarna putih. Tapi situasi di pantai masih sangat indah dan juga tenang, di mana memang banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk bersantai dan menghilangkan penat.

Pantai Lampuuk

Wisata alam lain yang ada di Banda Aceh selanjutnya adalah Pantai Lampuuk, di mana lokasi pantai ini terletak 15 kilometer dari pusat kota. Pantai Lampuuk sendiri memiliki pasir putih yang sangat indah, di mana juga menjadi salah satu pantai yang terkena dampak tsunami. Walaupun sempat sepi sehabis terkena tsunami, namun sekarang pantai ini sudah ramai.

Pantai Lampuuk sendiri dibagi 3 bagian yang disebut Babah Satu, Babah Dua, dan Bawah Tiga. Untuk bagian Bawah Tiga sendiri sering digunakan untuk surfing, di mana memang ombaknya cukup menantang. Pantai Lampuuk sendiri juga terbilang juga sudah memiliki fasilitas lengkap, di mana terdapat banyak warung yang telah buka.

Bukit Lhok Eumpe

10 tempat wisata di Banda Aceh selanjutnya adalah Bukit Lhok Eumpe yang terletak 10 km dari pusat kota. Bukit yang satu ini sendiri sangatlah populer di kalangan wisatawan lokal, di mana memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Apalagi Anda tidak perlu memakan waktu lama untuk sampai puncak, hanya butuh waktu 15 menit dan jalannya pun tidak terjal.

Pucok Krueng Raba, Lhoknga

Tempat wisata di Aceh selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pucok Krueng Raba yang terletak di Hutan Lhoknga. Tempat wisata yang satu ini menjadi terkenal setelah banyak sekali wisatawan yang mengunjungi lokasi ini. Disini Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah. Apalagi hutan sekitar masih sangat terjaga sekali keasriannya.

Lihat juga Keraton Ngayogyakarta

Air Terjun Pekan Bilui

10 tempat wisata di Banda Aceh yang terakhir dan juga sangat wajib untuk Anda kunjungi adalah Air Terjun Peukan Biluy. Tidak hanya wisata pantai saja yang ada di Aceh, tetapi juga air terjunnya yang terkenal indah. Di air terjun ini Anda akan menemukan pemandangan yang sangat memukau. Apalagi air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang sangat menyegarkan.

Title : Tempat Wisata di Banda Aceh

You might also like